Sabtu, 09 Juni 2012

Mau Beli Sepeda Untuk Sang Buah Hati? Baca Ini Dulu Sebelum Salah Pilih


Bersepeda kini menjadi tren untuk keluarga utamanya di kota-kota besar seperti Jakarta. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun gemar melakukan aktivitas tersebut. Wajar  jika banyak orang tua yang ingin membelikan sepeda bagi si buah hati.
Selain dapat melatih keterampilan motorik dan berolahraga, anak pun tentu senang bisa memiliki sepeda sendiri. Masalahnya, memilih sepeda yang cocok untuk anak bisa menjadi hal yang sulit dilakukan karena ada banyak pilihan. Oleh karena itu, selain harga, ada beberapa hal lain yang perlu dicermati:

1. UKURAN SEPEDA  
Adalah menjadi hal pertama yang patut diperhatikan, sama halnya dengan kenyamanan. Saat memilih, pastikan anak merasa nyaman duduk di atas sadel, sementara kedua kakinya dapat menyentuh tanah
. Demikian pula saat anak mengayuh, pastikan agar kaki anak tidak menyentuh setang sepeda. Selain tidak nyaman, hal ini dapat mengganggu saat sepeda digunakan.

2. SETANG
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketika anak duduk diatas sadel, yakinkan pula ia dapat meraih setang dengan mudah, tidak terlamapu jauh atau tidak terlampau dekat.

3. BAHAN VELG
Hal berikutnya adalah bahan velg. Bahan yang baik untuk velg adalah yang terbuat dari logam campuran (metal alloy) atau aluminium. Saat basah, bantalan rem dapat lebih mencengkeram di kedua bahan tersebut. Ujilah kerja rem sebelum memilih. Jika tidak memungkinkan  untuk mengemudikan sepeda itu sejenak,Anda bisa menguji rem dengan memutar ban dan melakukan pengereman. Pastikan rem itu bekerja dengan baik dan tidak muncul suara.

4. RANGKA SEPEDA
Rangka sepeda merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Selain harus kuat, sepeda pun harus memiliki rangka yang lurus dari depan sampai ke belakang. Anda bisa mengetahui kelurusan rangka dengan cara melihat dari arah ban depan(dalam posisi lurus) ke belakang. Jika ban depan dan ban belakang tampak lurus, sepeda tersebut bisa dipertimbangkan.

Itulah beberapa pedoman sederhana untuk keluarga Anda dalam memilih sepeda bagi sang buah hati.
Selamat memilih. Kring kring kring.

Sumber: Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar