Kamis, 31 Mei 2012

Antisipasi Serangan Virus Komputer Dengan Empat Cara Ini


Untuk keluarga dan tempat kerja,virus memang menyebalkan. Tak hanya menyerang kesehatan tubuh, “makhluk” yang satu ini pun kerap muncul di komputer. Bayangkan, betapa menyebalkannya ketika sedang dikejar-kejar deadline tugas, tiba-tiba berkas di komputer tak dapat dibuka gara-gara virus. Untuk mengantisipasinya, simak langkah-langkah berikut ini

1. Hati-hati ketika membuka “attachment e-mail”
E-mail memang sudah menjadi sarana berkomunikasi uang efektif saat ini. Tidak hanya urusan pekerjaan, e-mail pun sering menjadi media kirim-mengirim berkas yang penting. Jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan e-mail, sebaiknya berhati-hati ketika membuka sebuah file attachment. Apalagi jika
e-mail tersebut berasal dari orang yang tidak dikenal.

2.      Gunakan software keamanan baru
Untuk mengantisipasi virus, sebaiknya Anda memproteksi komputer dengan tiga jenis software keamanan utama dan terpasang dengan pengaturan otomatis. Mereka adalah Antivirus untuk menangkal virus, Anti Spyware untuk menangkal Spyware dan Firewall untuk memblokir serangan hacker serta koneksi dari luar. Bagi yang ingin mencoba versi gratisnya, silahkan Anda mengunduhnya. Jangan lupa, pastikan semuanya versi terbaru atau sudah Anda up date. Setelah itu, jalankan fitur scan/pindai secara berkala.

3.      Pikir dua kali sebelum menginstal sebuah software
Banyak orang menganggap, virus hanya menyerang komputer melalui internet atau flashdisk. Padahal, media lainpun seperti CD pun dapat menjadi media penyalur virus. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak sembarang menginstal sebuah CD software untuk keluarga atau pekerjaan Anda.
Sebagai langkah antisipasi, Anda dapat membiasakan diri untuk memback-up semua berkas penting secara berkala ke berbagai media. Hal ini bertujuan jika sewaktu-waktu virus menyerang data dalam komputer, Anda masih memiliki data cadangan.

4.      Buat akun khusus tamu
Jika komputer untuk keluarga dan tempat kerja Anda sering digunakan oleh orang lain, ada baiknya melakukan antisipasi dengan membuat akun tamu. Tentunya dengan batasan-batasan tertentu yang dapat Anda atur sendiri. Hal ini untuk mengantisipasi orang lain yang tak sengaja memasukkan flashdisk bervirus atau mungkin menginstal program yang bervirus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar